Monday, March 30, 2009

Senin 30 Maret 2009 di Grobogan.com (10.25 pm)

hujan turun lagi dalam remintik kecil-kecilnya jatuh di antara dedaunan, ada suara-suara indah yang aku tangkap bersama waktu aku keluarkan kepulan asap putih-kelabu dari rongga paru-paruku. ya, aku masie aja ngrokok mesti Bapakku bilang jangan. masie berbalut kemeja putih bergaris biru, kemeja yang aku pake ngantor tadi. tadi? sebenernya aku masie ngantor sampe sekarang. bukan sengaja jadi ga perlu lapor-lapor KITSDA, Itjend, Internal Affair or semacamnya. jadi tadi sore aku dapet tugas ke lapangan dari si Boss (Kepala Seksi). memang udara dingin, memang langit mendung, memang badan capek tapi ini tugas, lebih sempit memang kalo aku batasi ini sebagai tugas kantor. tapi tidak. buatku ini tugas negara, amanat dari jutaan Rakyat Indonesia, agak hiperbolis memang. buatku ini adalah serangkaian tugas kedinasan yang muaranya tentu saja ke Penerimaan Pajak, makin besar Pajak yang diterima, makin besar Pemasukan bagi kas negara yang nantinya akan didistribusikan (dibelanjakan) untuk pembiayaan-pembiayaan yang tujuannya demi kemakmuran bangsa. keluar dari kantor dengan Jupiter Z plat merah, sempet sejenak aku liat ke atas. Mendung. sejenak aku tertegun, sejenak itu juga aku berucap tanpa suara, "toh mendung ga berarti ujan kan?". pertama aku masuk ke kantor PLN, terus pas mo lanjut ke kantor DPPKAD (dispenda dulunya) air kayak diturunkan tiba-tiba, mengepung dan memaksa aku minggir ke tempat teduh. "masie ada enem kantor dan cuaca sama sekali ga memihak." setengah jam mungkin baru aku bisa jalan lagi waktu itu, masie ujan sie tapi bisa ditrobos. satu yang aku camkan, seniorku di kantor, dari STAN juga sebut aja Bang Joel, dulu pernah bilang, "Orang lapangan ga boleh manja." dan itu aku pegang teguh sampe sekarang. satu, dua, lima kantor di jajaran Pemko aku masukin dan tinggal satu kantor Inspektorat tapi ujan kembali maksa aku brenti dan kembali ke kantor. sampe kantor pas ada tukang batagor, "kang, batagor satu yah." lagi enak-enak makan seniorku dari STAN juga, sebuat aja Cenk dateng, "Piq, cariin Boss tadi." sambil makan aku jawab sembarang, "tadi kan? sekarang udah jam lima." dan ternyata bukan Kepala Seksi yang nyari, "Big Boss, Piq!" halah, ada apa lagi pikirku sampe dicariin Kepala Kantor, ternyata juga soal kerjaanku yang barusan.
"Dia bilang apa?" tanyaku,
"yang ditanya si Boss (Kepala Seksi kami). Boss bilang udah nurunin anggota." jawab Chenk.
"gitu aja?" tanyaku lagi,
"iya sie." kata Chenk.
"ga bilang apa kek? nawarin mobil dinas kek?" tanyaku tanpa berharap jawaban dan Chenk tau itu. hah, ya sudah... lagian aku juga ga kerja sama Dia kok. abis makan aku laporan sama Boss (Kepala Seksi), "Masie kurang satu kantor Pak.", dia bilang gapapa dan suruh nerusin besok aja. jadinya ya aku duduk manis di kantor dan sampe sekarang aku masie terjebak ujan, mencoba berpuisi dalam sepi malam tapi badanku terlalu cape, dan di sini aku cuma berteman dinginnya dinding-dinding bisu dan koneksi internet. dari pada bosen mending post sana-sini, ga ada salahnya kan? lagian Internet ini juga pake DIPA kantor yang dananya dari APBN dan APBN dari mana coba huruf "P"-nya? yang ngerjain tetek-bengek perkara pajak sampe keujanan dan ga bisa pulang sapa? yang sampe terkumpul pajak trilyunan buat ngisi kas negara, buat bayar gaji semua pegawe se-Indonesia termasuk gaji presiden sapa?

No comments:

Post a Comment